JAKARTA: Presiden Joko Widodo menyasarkan seluruh masyarakat Indonesia bakal diberikan vaksin Covid-19, pada Januari 2021.

Perkara itu diumumkan ketika meninjau uji klinikal ketiga vaksin Sinovac dari China di Fakulti Kedoktoran Universiti Padjadjaran, Jawa Barat, yang disiarkan saluran YouTube Setpres, seperti dipetik BBC Indonesia.

“Kita berharap uji klinikal yang ketiga ini insya-Allah akan diselesaikan dalam enam bulan ini dan kita harap pada bulan, insya-Allah Januari kita dapat keluarkan. Dan sekali gus juga kalau produksi siap, langsung diberi vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di tanah air,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi berkata, PT Bio Farma bisa memproduksi hingga 100 juta vaksin corona bulan ini.

“Produksi untuk vaksin juga dilakukan oleh Bio Farma di Agustus 100 juta vaksin, di akhir 2020, Desember, sudah meningkat jadi 250 juta vaksin. Artinya vaksin digunakan untuk vaksinasi di tanah air,” ujar Jokowi seperti dipetik BBC lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan bahawa sejumlah lembaga negara berserta kementerian dan universiti di Indonesia tengah mengembangkan vaksin Corona buatan Indonesia bernama vaksin Merah Putih.

Jokowi menyasarkan vaksin tersebut akan selesai pada pertengahan 2021.

“Kita telah tiga bulan ini mengembangkan vaksin sendiri dari isolat yang dikembangkan dari Covid yang beredar di Indonesia,” kata Jokowi.