JAKARTA: Reka bentuk Ibu Kota Baru Indonesia  di Kalimantan Timur sudah didedahkan. 

Seorang arkitek  bernama Sofian Sibarani dipilih sebagai pemenang. 

Idea ditawarkan bernama Nagara Rimba Nusa. 

“Sebuah perpaduan konsep menarik untuk pembangunan yang ramah lingkungan dan berbasis kota pintar,” kata Merdeka.com.

Bagi Sofian ini merupakan wadah bagi para ahli untuk menyatukan fikiran membentuk desain ibu kota baru yang bisa dibanggakan.

“Lulusan Institut Teknologi Bandung tahun 1997 ini tidak bekerja sendiri membuat konsep desain ibu kota baharu. Bersama-sama tim, Sofian kemudian merancang kompleks bangunan yang sengaja saling berdekatan,” kata portal itu.

Dalam rancangannya, Sofian dan tim juga mengadaptasi prinsip biomimikri. Lewat pemikiran itu, mereka mencuba menyesuaikan pembangunan dengan karakteristik hutan sehingga tidak menghalang aliran angin dan air.

Nagara Rimba Nusa terdiri daripada tiga kata. 

Nagara ertinya suatu pemerintahan, Rimba itu ertinya hutan dan Nusa itu ertinya pulau. 

“Jadi kami memiliki tiga aspek ini karena mewakili pendekatan kami yang di mana pemerintahan itu ada di daerah Rimba juga terinspirasi oleh Nusantara, hal yang menyatukan kita sebagai bangsa itu salah satunya kita adalah negara kepulauan,” katanya.

Ditanya tentang lokasi ibu kota itu beliau menjelaskan: “Di dekat bukit Sepaku, tetapi mungkin sedikit mengarah ke Balikpapan Bay, di daerah Penajam juga tapi bukan di daerah yang di tinggi. Ini di daerah yang sedikit lebih rendah,” jelasnya.

“Kami banyak mengambil elemen-elemennya dari berbagai negara tetapi tidak ada satu contoh dari negara kota khusus. Negara lain yang kita pakai jadi template tidak ada. Jadi memang (idea) kita datang dari benar-benar dari lokasi,” katanya lagi.Beliau menjelaskan yang mahu ditonjolkan melalui reka bentuk dan kosnep berkenaan adalah bagaimana membuat suatu pemodelan kota yang sangat menghormati lingkungan.

“Jadi bagaimana kita memberikan contoh kepada dunia bahwa kita mampu membuat sistem perkotaan yang selaras. Nah salah satu konsep yang kami usung dengan negara rimba Nusa ini adalah belajar dari hutan hujan tropis Kalimantan,” katanya.

“Jadi kota masa depan ini menurut saya karena mempunyai titik awal yang masih dari nol, yah kita rencanakan sebaik-baiknya. Kasarnya kalau Jakarta itu sudah kota yang berumur. Kalau orang, ini sudah terbentuk, tapi kalau ibu kota baharu masih baharu lahir dari nol, kita bisa kerahkan, kita bisa bentuk dia jadi kota yang lebih baik karena tidak ada sejarah dan beban masa lalu yang membebani kotanya.,” katanya.

Kredit: https://www.metube.id/videos/17506253/nagara-rimba-nusa-konsep-ibu-kota-baru-di-kalimantan?fbclid=IwAR3yAQRYuTqVF04yYp0EydD-VjBx2-ixOhATGf06IEvobtM13KiiKy0NZiM