JAKARTA: Peristiwa kebakaran melanda lapan lokasi di wilayah Jakarta pada Ahad  malam hingga dinihari tadi termasuk di rumah penginapan hingga sekolah.

Menurut Antara, kebakaran terjadi dipercayai akibat masyarakat lalai menggunakan lilin sebagai penerangan menyusul pemadaman elektrik  sejak Ahad siang hingga Isnin malam di sejumlah lokasi di wilayah Jakarta.

Bekalan elektrik di sejumlah lokasi di Jakarta mulai beransur-ansur pulih sejak pukul 19.00 WIB hingga 22.00 WIB pada Ahad malam. 

Sebelumnya, elektrik padam mulai pukul 11.48 WIB, di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, dalam akaun Twitter rasmi mereka melaporkan lapan lokasi kebakaran terjadi di rumah tinggal Jalan Tipar Cakung, Sukapura Cilincing, Jakarta Utara atau Pasar Lama Sukapura; rumah tinggal di Jalan Taman Mahoni Meruya Selatan, Kembangan Jakarta Barat; rumah tinggal di Jalan Menteng Atas Selatan, Setiabudi Jakarta Selatan; dan hunian di Jalan Pisang Batu Mangga Dua Selatan, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

“Kemudian pada Isnin dinihari, terjadi kebakaran di Apartemen Ambasador di Jalan Prof Dr Satrio Jakarta Selatan; ruko di Jalan Teluk Gong Penjagalan, Penjaringan Jakarta Utara, lapak di Jalan Rawa Sumur Jatinegara, Cakung Jakarta Timur, serta aula Sekolah SMK PSKD di Jalan Kramat IV Kenari, Senen Jakarta Pusat,” katanya seperti dipetik Republika.

 

“Akibat pemadaman ini, sejumlah perjalanan pengangkutan umum yang menggunakan elektrik seperti Commuter Line dan MRT mengalami gangguan. Bahkan, kereta Commuter Line dan MRT sempat terhenti sebelum mencapai stesen,” katanya.

Gangguan bekalan elektrik berkenaan juga menjejaskan perkhidmatan telefon selular.