JAKARTA: Rancangan kerajaan Indonesia di bawah pimpinan Joko Widodo atau Jokowi untuk memindahkan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa akan segera diumumkan.

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN) Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro seperti dipetik Republika berkata, Presiden Jokowi akan mengumumkannya dalam waktu terdekat.

Sebelum ini dilaporkan bahawa ibu kota negara 265 juta jiwa itu akan dipindahkan ke Palangkaraya, Kalimantan atau Borneo.

Ketika ini, ibu kota Jakarta dengan saiz penduduk sekitar 30 juta, termasuk kawasan sekitarnya, sudah terlalu padat dan sesak.

Jakarta terkenal dengan kemacetan atau kesesakan jalan raya yang teruk setiap hari.
Selain itu, Bambang menjelaskan Real Estate Indonesia (REI) menyatakan kesediaannya untuk membantu pemindahan ibu kota baru tersebut.

Tambahnya, REI siap membantu tanpa menggunakan dana APBN satu rupiah pun. Hanya saja, REI meminta kepastian untuk penggunaan lahan.

“Sebelumnya, rencana pemindahan ibu kota akan berpindah ke Kalimantan. Pemindahan itu terus diupayakan oleh Presiden Joko Widodo dalam lima tahun ke depan,” lapor Republika lagi.

Kota Jakarta